| Teras | Musik | Film | Buku | Ekonomi | Sastra | Coretan |

Rabu, 03 Juni 2009

STRATEGI GLOBAL


  1. Alasan yang Mendasari Perusahaan menjadi Global

Dalam situasi dan kondisi yang terus berkembang, maka banyak perusahaan membuat keputusan untuk menegmbangkan bisnis ke dunia internasional. Ada berbagai alasan kuat yang mendasari perusahaan menjadi global, diantaranya adalah sebagia berikut :

  1. Efisiensi biaya dan meningkatkan daya saing perusahaan

  2. Perbaikan manajemen rantai pasokan

  3. Pemberian produk yang lebih baik

  4. Menarik pasar baru atau memperluas pasar (menambah konsumen)

  5. Belajar untuk beroperasi yang lebih baik

  6. Bisa mendapatkan dan mempertahankan bakat global (memperkuat kompetensi)

  7. Menyebar resiko perusahaan


  1. Pengertian Perusahaan yang Beroperasi secara Global

Perusahaan yang telah memutuskan untuk mengambangkan usaha di dunia internasional dapat memilih keterlibatannya dalam bentuk:

  1. Bisnis Internasional (International Business) yaitu perusahaan yang terlibat pada transaksi perdagangan atau investasi internasional, contoh Harley Davidson.

  2. Perusahaan Multinasional (Multinatioanl Corporation) yaitu peruasahaan yang terlibat banyak dalam bisnis internasional, mempunyai atau mengendalikan fasilitas di lebih dari satu negara, contoh The Body Shop.

  3. Perusahaan Transnasional (Transnational Corporation) yaitu perusahaan yang terlibat banyak dalam bisnis internasional yang mana pengelolaan di tiap Negara secara independent, contoh Nestle.

  4. Organisasi Global (Global Organization) yaitu organisasi yang menghasilkan produk standar dengan melewati lintas batas, contoh Caterpilar.


  1. Beberapa Pilihan Strategis untuk Masuk dan Bersaing di Pasar Asing

  1. Lakukan ekspor dengan menjaga dan mempertahankan produksi nasional sebagai basis atau modal.

  2. Beli lisensi dari perusahaan asing untuk memperoleh teknologi lebih baik atau untuk memproduksi dan mendistribusikan produk perusahaan tersebut.

  3. Lakukan franchising

  4. Ikuti strategi multicountry

  5. Ikuti strategi global

  6. Gunakan aliansi strategis atau joint venture sebagai penggerak utama perusahaan masuk ke pasar asing.



  1. Multycountry

    Strategi global

    Arena strategis

    Negara-negara dan wilayah-wilayah perdagangan terpilih

    Hampir di semua negara yang memiliki potensi permitaan tinggi

    Strategi bisnis

    Strategi khusus yang sesuai denganperubahan lingkungan bisnis setempat

    Strategi universal yang dapat digunakan di semua negara

    Strategi lini produk

    Sangat memperhatikan budaya loka

    Standarisasi produk

    Strategi produksi

    Tempat-tempat produksi tersebar di banyak tempat

    Tempat produksi berada di wilayah yang potensial memaksimalkan keunggulan komeptitif perusahaan

    Sumber bahan baku/material.komponen

    Lebih disukai pemasok dari negara asal

    Pemasok darimana saja asal menarik dan menguntungkan

    Pemasaran dan distribusi

    Menyesuaikan dengan budaya setempat

    Meminimalkan adaptasi dengan budaya lokal, kalo perlu sistem yang standar

    Perbedaan antara Multicountry dengan Strategi Global

  2. Berfikir Global, Bertindak Lokal

Tantangan yang dihadapi dalam strategi global adalah mengindentifikasi dan menentukan keterkaitan pasar yang menjadi sasaran (target) dengan produk (barang dan jasa) yang cocok. Dasarnya adalah memahami jaringan budayanya, hal ini untuk pengusahaan pasar yang memiliki keunikan yang menerima modifikasi dalam melalui program marketing global kedalam kecocokan kebutuhan pasar lokal. Perspektif dalam mengaitkan pasar global adalah didasarkan pada adanya kesamaan antar negara dan budaya yang melingkupinya atau bila ada perbedaan secara domestik dalam suatu negara.

Strategi global penerapannya tergantung pada kemampuan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan program pemasaran di seluruh dunia. Kemudian untuk efektifitasnya, harus dikaitkan apa yang melingkupi realitas lokal dari pasarnya.


  1. Indikator Strategi Global

Ada beberapa indikator yang dapat menjadikan suatu strategi menjadi global diantaranya :

  1. Pesaing utama di pasar utama bukan dari negara itu sendiri dan ada di berbagai negara.

  2. Standardisasi dari beberapa elemen produk atau strategi marketing tersedia peluang untuk mencapai skala ekonomi.

  3. Biaya dapat diturunkan dan efektifitas dapat ditingkatkan oleh adanya pemilihan lokasi yang terdapat aktifitas nilai tambahnya di negara yang berbeda.

  4. Pesaing mempunyai potensi untuk menggunakan volume dan labanya dari suatu pasar untuk mensubsidi perolehan posisi lainnya.

  5. Penghalang perdagangan sebagai penghalang utama untuk memasuki pasar.

  6. Suatu nama merk global dapat menjadi keunggulan.

  7. Jika pasar lokal bukan sebagai syarat produk atau servise untuk perusahaan yang mempunyai keunggulan beroperasi lokal.



2 komentar:

tabita krismanawati mengatakan...

makasih banget..
postingan ini sangat membantu tugas kuliah saya. yg tadinya sempet hopeless. akhirnya ada pencerahan..
thanks sekali lagi :)

christina marsauli lubis mengatakan...

ada penjelasan yang lebih lengkap lagi tidak mengenai strategi global???